5 Makanan Sehat Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

khanza
29/05/2017 - 12:38
Pilarbangsa.id, Meskipun berjam-jam puasa, banyak orang justru alami kenaikan berat badan. Untuk mencegahnya, lalkukan 5 strategi makan selama bulan puasa.
 
Sebenarnya, berpuasa jadi salah satu cara yang paling optimal untuk mendetoksifikasi tubuh. Akan tetapi, salah memilih makanan saat berbuka bisa jadi salah satu penyebabnya. 
 
Jika konsumsi makanan manis dan gorengan secara berlebihan, tak heran jika berat badan cepat naik. Selain berat badan, bisa jadi terjadi masalah pencernaan. Dikutip dalam Egypt Independent (26/05), ini 5 cara mudah jaga berat badan ideal selama berpuasa.
 
1. Mulai dengan kurma
Anda bisa membatalkan puasa dengan konsumsi satu hingga tiga potong kurma dengan segelas air. Kemudian Sholat dan barulah konsumsi makanan yang lebih berat. 
 
Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bisa memberi asupan energi saat berbuka. Selain itu, kurma juga mengandung beberapa mineral dan vitamin. Kandungan serat pada kurma juga dapat membuat pencernaan lebih sehat.
 
2. Hindari makanan tinggi karbohidrat
Saat makan malam, Anda bisa memilih beberapa sajian yang lebih sehat. Sup dengan paduan daging dan sayuran bisa jadi pilihan. Jangan memilih makanan yang tinggi karbohidrat karena dapat membuat Anda terasa lapar lebih lama dan timbulkan keinginan ngemil sebelum tidur.
 
3. Minuman sehat saat sahur
Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Campuran jahe dengan peppermint dan lemon atau kayu manis dengan madu dan lemon bisa membantu jaga berat badan tubuh.
 
Anda juga bisa memilih minuman lainnya seperti susu tanpa gula yang mengandung protein dan kalsium.
 
4. Perhatikan konsumsi gula
Walaupun gula dapat membantu tubuh kembalikan kadar gula darah, akan tetapi konsumsi terlalu banyak bisa sebabkan kenaikan berat badan. Dalam sehari, kebutuhan gula hanya 4 sdm. Jika Anda menikmati es buah dengan tambahan sirup dengan kolak maka asupan gula Anda akan berlebihan.
 
5. Makanan sahur
Ketika sahur banyak orang yang memilih untuk menikmati makanan praktis seperti nugget ataupun sosis bahkan mie instan. Makanan yang mengandung gizi seimbang dengan isian lauk berportein seperti telur dan sayuran bisa membantu jaga berat badan.
 
 
 
 
 
Sumber: Detik