Abdul Kadir Karding: Pancasila relevan dengan ajaran Islam

Hanif
31/05/2017 - 13:37
Pilarbangsa.id, Magelang - Anggota MPR RI Fraksi PKB Abdul Kadir Karding melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di daerah pemilihan Jawa Tengah VI, Magelang, Selasa, (18/04).
 
Di hadapan para peserta sosialisasi yang terdiri dari para santri, organisasi massa dan elemen masyarakat ini, politisi yang akrab disapa AKK ini mengatakan bahwa ruh agama Islam ada dalam Pancasila.
 
"Pancasila sangat relevan dengan ajaran Islam. Tidak ada satu pun sila dalam Pancasila yang menyimpang dari ajaran Islam,”  ujar Karding.
 
Anggota Komisi III  DPR-RI itu menjelaskan, bahwa Azaz Tunggal Pancasila sebagai dasar negara itu sudah dinyatakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) melalui Munas alim ulama pada tahun 1983 di Situbondo.
 
Menurut Karding, jangan ada lagi keraguan terhadap Pancasila di kalangan masyarakat.
 
“Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, ada dalam Alqur’an Surat Al Ikhlas. Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, ada di Alquran Surat An Nisa ayat 135. Lalu, Persatuan Indonesia ada di Surat Al Hujurat ayat 13, dan kami jadikan kamu berbangsa dan bersuku supaya saling mengenal,” paparnya.
 
"Sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, tertuang dalam Alquran Surat As Syuro ayat 38. Sedangkan Sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, termaktub dalam Surat An Nahl ayat 90," jelas Karding.
 
Oleh karena itu, Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari - hari agar persaudaraan dan persatuan bangsa  tetap kokoh, pungkas Sekjen PKB ini.