Gepa Sukabumi: Tidak Ada Korban Jiwa, Waspadai Gempa Susulan

khanza
12/06/2017 - 13:33
Pilarbangsa.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini masih belulm menerima laporan mengenai kerusakan akibat dari gempa yang berkekuatan 6,3 skala richter. Namun warga setempat tetap diminta untuk tetap waspada akan adanya gempa susulan.
 
Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana telah mengatakan bahwa kewaspadaan ini perlu ditingkatkan lagi karena Kota dan juga Kabupaten Sukabumi ini merupakan daerah yang rawan sebagai pusat gempa bumi.
 
Yana menjelaskan bahwa gempa di Sukabumi ini telah terjadi akibat dari patahan lempeng bumi. Hal ini berdasarkan dari informasi yang telah didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Yana pada hari Senin 12 Juni 2017 ini telah mngatakan “Gempa tersebut dipicu akibat aktivitas patahan di dasar laut dekat zona subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia”.
 
Selain itu Yana juga meminta kepada para warga untuk memperhatikan lingkungan jika ada rumah ataupun bangunan yang rusak akibat dari gempa ni. Warga diminta untuk melapor ke petugas terdekat seperti di desa ataupun di kelurahan. Yana menuturkan “Kami masih bersiaga di posko bencana untuk mencari informasi apakah ada bangunan yang rusak akibat getaran gempa bumi”.
 
Yana telah menuturkan bahwa untuk mencari informasi di wilayah yang terdampak gempa, pihaknya telah menugaskan kepada petugas penanggulangan bencana dan juga para sukarelawan. Pengecekan itu berguna untuk mengantisipasi adanya korban dan bangunan atau pun rumah warga yang rusak. Pendataan masih terus dilakukan.
 
gempa bumi ini. Peralatan dan juga bantuan untuk para korban ini pun telah disiapkan di markas. Naamun menurut Atep yang merupakan Humas PMI setempat ini telah menyebutkan bahwa pihaknya ini maish belum menerima laporan mengenai korban.
 
Atep mengatakan “Belum ada laporan (korban), tetapi sejak gempa terjadi seluruh anggota sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu ada laporan dampak gempa”. Masyarakat dihimbau agat tetap tenang karena gempa ini tidak berpotensi untuk menimbulkan tsunami.
 
 
 
 
 
Sumber: Kompas