HM Lukman Edy: Informasi Palsu(HOAX) Ancam Keutuhan Bangsa

Hanif
30/08/2017 - 11:14
Pilarbangsa.id, Riau - Arus globalisasi memungkinkan kita mendapatkan berbagai informasi untuk mendukung kelangsungan dan kemudahan hidup. Namun, globalisasi juga memiliki dampak negatif bagi keutuhan masyarakat dan bangsa Indonesia.
 
Tema inilah yang diangkat saat Anggota DPR/MPR-RI F-PKB, HM Lukman Edy melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Selasa,(22/08/17).
 
"Globalisasi membuat kita sangat terbuka terhadap informasi apapun dari luar. Baik itu informasi yang memberi manfaat atau tidak. Informasi yang memberi kemudahan atau tidak. Bahkan informasi yang ujungnya bisa memecah belah bangsa juga bebas masuk di masyarakat," urai Lukman Edy.
 
Informasi yang dimaksud Ketua Pansus RUU Pemilu tersebut adalah informasi-informasi palsu(HOAX) yang sengaja dihembuskan pihak-pihak tak bertanggung jawab yang bertujuan memecah belah masyarakat dan bangsa Indonesia.
 
"Jadi kita jangan mudah menerima informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya. Jangan mudah terpengaruh informasi yang beraroma kebencian dan menyinggung suku, ras, dan agama(SARA) tertentu. Kalau sudah begitu sudah jelas kita jangan percaya. Karena ujungnya adalah memecah belah kita," tegas Lukman Edy. 
 
Lebih lanjut, Lukman juga menekankan pentingnya menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi-informasi palsu(HOAX) dan tetap menjaga keutuhan bangsa.