H.M Lukman Edy Ingatkan Bahaya "Hatespeech"

Hanif
06/09/2017 - 12:08
Pilarbangsa.id, Pekanbaru - Anggota DPR/MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa(F-PKB), H.M Lukman Edy, M.Si melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Pekanbaru, Riau, Minggu(03/09/17).
 
Sosialisasi diikuti oleh sekira 150 peserta dari unsur tokoh masyarakat, organisasi masyarakat dan pemuda kota Pekanbaru, Riau.
 
Dalam kesempatan itu Lukman Edy mengingatkan peserta akan bahaya ujaran kebencian (hatespeech). Karena itu masyarakat dan para peserta khususnya agar tidak terjebak dan menyebarkan informasi "hatespeech".
 
"Sekarang ini banyak sekali informasi di dunia maya, terutama di media sosial, apakah itu tweet, status, dan postingan yang bernada kebencian terhadap suku, agama, bahkan seseorang," kata Lukman.
 
Oleh karena itu, lanjut Wakil Ketua Komisi II DPR itu, agar semua berhati-hati terhadap informasi seperti itu. Karena informasi yang mengandung fitnah dan kebencian tersebut bertujuan memecah belah keutuhan dan menimbulkan bentrokan di masyarakat.
 
"Perlu mengingatkan sekali lagi, jangan bapak-bapak, ibu-ibu termakan informasi mentah-mentah terhadap informasi seperti itu. Selayaknya kita cari tahu dulu kebenarannya, cari tahu dulu sumber informasinya. Bisa dipercaya atau tidak?" ungkap Lukman.
 
"Apalagi sekarang ini banyak kita lihat, masyarakat mudah sekali terpancing emosi dan akhirnya main hakim sendiri tanpa mencari tahu kebenarannya," tambah Ketua Pansus Pemilu tersebut.
 
Karena itu, Lukman Edy berharap masyarakat dan para peserta khususnya lebih mengedepankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat agar hal-hal yang dapat merusak keutuhan masyarakat dapat dicegah.