Lukman Edy: Bawaslu Harus Galak dan Tegas

Hanif
02/10/2017 - 13:12
Pilarbangsa.id, Pekanbaru - Wakil Ketua Komisi II DPR H.M Lukman Edy meminta Bawaslu Riau galak dan tegas saat terjadi persoalan dan indikasi pelanggaran dalam Pemilu. Hal itu dikatakan saat menghadiri jalan santai peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur Riau 2018 di area car free day, depan kantor KPU Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Minggu,(1/10/2017).
 
“Bawaslu harus galak, begitu tercium pelanggaran, segera panggil saja dulu, mau benar atau salah itu nanti. Panggil, selidiki, perdalam, kalau ditemukan jatuhkan sanksi. Kalau tak ditemukan, tinggal balikkan, yang jelas ketika ada indikasi, langsung panggil, Bawaslu harus galak,” ujarnya.
 
Menurut Mantan Ketua Pansus RUU Pemilu ini, Pilkada 2018 mendatang merupakan ajang latihan menyambut pelaksanaan Pemilu Presiden 2019.
 
“Kalau sekarang situasi politik sudah mulai panas, maka itu adalah gambaran situasi yang akan dihadapi nantinya. Syukurnya KPU terus melakukan simulasi, semakin banyak simulasi, maka akan semakin nampak gambaran faktualnya. Kita bersyukur dilaksanakan Pilkada 2018 lebih dulu, jadi bisa menjadi latihan pelaksanaan Pemilu 2019,” kata Lukman Edy.
 
Sementara itu, Bawaslu Riau, DKPP, dan KPU RI, mengingatkan KPU Riau agar bisa menjaga integritas, dan lebih berhati-hati dalam menyikapi sebuah persoalan, dan juga diingatkan agar jangan sampai terpancing dengan hal-hal yang membuat KPU Riau dicurigai dalam bersikap.
 
Ketua KPU Riau, Nurhamin menyambut baik dan menyatakan siap untuk menyelenggarakan Pilkada 2018 dengan mengedepankan integritas bersama jajarannya di daerah kabupaten/kota.
 
 
 
 
Sumber: Tribun