Lukman Edy: Kuatkan Pemahaman Pancasila Cegah Ideologi Asing

Hanif
05/12/2017 - 11:38
Pilarbangsa.id, Pekanbaru - Anggota MPR RI Fraksi PKB, Ir, H.M Lukman Edy, M.Si, melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pekanbaru, Riau, Jumat,(24/11/2017). 
 
Sosialisasi yang dihadiri sekira 150 orang tersebut dihadiri oleh masyarakat umum dan anggota organisasi agama dan kepemudaan. Dalam orasinya, Wakil Ketua Komisi II DPR ini menekankan pentingnya upaya menguatkan pemahaman tentang ahlussunah wal jamaah (aswaja) di masyarakat umumnya dan internal partai khususnya.
 
"Dengan melakukan penguatan pemahaman terhadap aswaja, maka kita juga lebih mudah untuk menguatkan barisan dalam mempertahankan NKRI," tutur Lukman Edy.
 
Lebih lanjut, Lukman mengatakan, bahwa saat ini mau tidak mau bangsa Indonesia harus terlibat dalam pergaulan internasional, dimana batas ­ batas antar bangsa dan budaya sudah semakin tidak jelas. Akibatnya, percampuran budaya, informasi, dan termasuk ideologi sangat mudah masuk dan mempengaruhi jati diri bangsa.
 
"Oleh karena itulah, kita harus merapatkan ikatan dalam melindungi NKRI dari paham ­ paham radikal yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain yang tidak sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia," tegasnya.
 
Karena menurut mantan Ketua Pansus RUU Pemilu ini, Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai ­ nilai luhur yang hidup dan berkembang di masyarakat Indonesia yang dirumuskan para pendiri bangsa sebagai dasar negara sekaligus sebagai penegas identitas bangsa.
 
"Sebagai generasi penerus, kita harus mengamalkannya sebagai wujud mempertahankan identitas nasional kita," pungkas Lukman.