Lukman Edy: NKRI Perekat Keberagaman

Hanif
12/12/2017 - 10:51
Pilarbangsa.id, Kuansing - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) Fraksi PKB, Ir. H.M Lukman Edy, M.Si, melaksanakan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Kabupaten Kampar, Riau, Rabu,(13/12/2017).
 
Sosialisasi yang dihadiri sekira 150 orang tersebut dihadiri oleh masyarakat umum, anggota organisasi agama dan kepemudaan, dan kader Partai Kebangkitan Bangsa(PKB).
 
Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan tanda dan kehadiran Negara dalam setiap lini kehidupan masyarakat disemua daerah khususnya Provinsi Riau. Kehadiran Negara menjadi sangat penting karena belakangan ini spirit ke–Bhinneka–an sedang mengalami dekadensi yang luar biasa. 
 
"Dalam konteks kehidupan nasional, kembali meneguhkan spirit keberagaman dalam bingkai NKRI merupakan bagian dari kewajiban seluruh warga masyarakat. Oleh sebab itu, MPR sebagai lembaga tinggi Negara turut serta memfasilitasi kegiatan­kegiatan seperti ini dengan tujuan dan harapan agar spirit keberagaman dapat terus menjadi prinsip dan pegangan kita dalam bermasyarakat," papar Lukman.
 
Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR ini menekankan bahwa Bhinneka Tunggal Ika & NKRI adalah bentuk civil education dalam menerapkan nilai-­nilai luhur kebangsaan secara lebih menyeluruh. Pandangan keberagaman ini tentu menjadi jangkar yang dapat mengokohkan berdirinya bangsa ini. 
 
"Karena itu, tak berlebihan jika NU dalam sejarahnya yang panjang mampu memerankan diri sebagai kekuatan sosial berbasis agama dengan ukhwuah wathaniyah – ukhuwah basyariah – ukhuwah insaniyyah sebagai landasan kebangsaan yang kokoh," pungkasnya.