Pameran Keris Nusantara gelar koleksi para politisi

Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) hari ini, DPR RI menggelar pameran keris dengan tema Keris Nusantara.

Pameran ini dihadiri oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua Umum Serikat Nasional Perkerisan Indonesia, Erman Suparno, serta sesepuh keris Haryono Haryoguritno.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang juga kolektor keris mengatakan, bahwa pameran keris ini adalah yang pertama kali diadakan di gedung DPR RI diikuti oleh tujuh peserta, baik dari perorangan, dan para kolektor keris.

"Pameran Keris Nusantara ini ada koleksi milik Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, anggota DPR RI Lukman Edy, Fahri Hamzah, Adnan Buyung Nasution dan juga koleksi keris dari Ketua DPR Setya Novanto," kata Fadli Zon sebelum pembukaan pameran di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Fadli menuturkan, dengan adanya pameran Keris Nusantara ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat kebangkitan nasional, dimana keris ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia sejak dulu sampai dengan sekarang.

"Pameran Keris Nusantara ini tidak hanya berasal dari Jawa, tetapi juga berasal dari pulau sumatera, lombok, bugis, hanya beberapa daerah saja yang tidak ada seni kerisnya, "ungkap Fadli.

Lebih lanjut Fadli Zon menjelaskan, bahwa keris - keris yang dipamerkan ini merupakan warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO, dimana Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2005 silam menerima penghargaan yang membuktikan bahwa keris asli Indonesia diakui dunia.

"Banyak tokoh -tokoh bangsa seperti Bung Karno, Bung Hatta, Jendral Sudirman yang memakai Keris sebagai lambang atau senjata warisan budaya bangsa," kata Fadli. (Sumber : ANTARA News)

Kategori Journal: 
Gambar Artikel: