Pancasila Sebagai Dasar ber-Etika

Hanif
05/12/2017 - 12:24
Pilarbangsa.id, Kampar - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) Fraksi PKB, Ir, H.M Lukman Edy, M.Si, melaksanakan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu,(25/11/2017). 
 
Sosialisasi yang dihadiri sekira 150 orang tersebut dihadiri oleh masyarakat umum, anggota organisasi agama dan kepemudaan, dan kader partai. 
 
"Menilik nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka Pancasila dapat menjadi sistem etika yang sangat kuat, nilai-nilai yang ada tidak hanya bersifat mendasar, namun juga realistis dan aplikatif," kata Lukman.
 
Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mudah diterapkan dan diamalkan, karena nilai-nilai Pancasila lahir dari kondisi yang terjadi pada masyarakat Indonesia sejak jauh sebelum merdeka, lanjut Lukman.
 
Pancasila juga mengandung nilai etika, yang didasarkan  pada nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.
 
"Oleh karena itu, generasi zaman now harus memahami Pancasila sebagai dasar ber-etika, baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," pungkas Wakil Ketua Komisi II DPR ini.

Views today

1