Pancasila sebagai Dasar Kebijakan Politik

Hanif
05/12/2017 - 13:11
Pilarbangsa.id, Pelalawan - Salah satu fungsi Pancasila dalam bidang politik adalah sebagai dasar moral dalam mengambil kebijakan politik yang membela kepentingan rakyat demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Lukman Edy.
 
Poin penting itu disampaikan Anggota MPR RI H.M Lukman Edy, M.Si, dalam kegiatan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, di Dapil Riau II, Pelalawan, Riau, Minggu,(26/11/2017).
 
Acara tersebut dihadiri oleh sekira 150 orang yang terdiri dari masyarakat umum, kalangan muda, dan pengurus dan simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa.
 
Dalam diskusi tersebut, Lukman Edy menekankan pentingnya pemahaman dan pengamalan Pancasila bagi siapapun tanpa kecuali.
 
"Siapapun, selama orang itu diakui negara sebagai warga negara Indonesia harus memahami dan mengamalkan Pancasila, karena Pancasila selain sebagai Dasar Negara, di dalamnya ada nilai filosofi bangsa Indonesia," ujar Lukman Edy.
 
Lebih lanjut, ketua umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) ini menegaskan, bahwa Pancasila sebagai pedoman hidup sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Nilai­nilai tersebut lalu dikristalisasi oleh pendiri bangsa sebagai Pancasila.
 
"Nilai ­nilai seperti toleransi, menghargai perbedaan, menjunjung norma dan etika, dan gotong royong itu sebenarnya sudah kita terapkan sejak jaman pra­kemedekaan. Oleh karena itu mengamalkan Pancasila saya yakin tidak sulit bagi kita," terang Lukman Edy.
 
Dan, lanjut Lukman Edy, Pancasila juga harus menjadi pedoman bagi siapapun yang diberi amanah untuk menjalankan roda pemerintahan, untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera, melalui kebijakan yang pro terhadap rakyat, tutup Lukman Edy.