Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman

Hanif
06/09/2017 - 13:28
Pilarbangsa.id, Yogyakarta – Anggota MPR RI H.Agus Sulistiyono, SE. MT memberikan Sosialisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika MPR RI kepada ratusan warga Sleman Yogyakarta, di Hotel Anugerah Wisata Kaliurang, Sleman, D.I.Yogyakarta, Minggu, (13/08/2017). 
 
Agus Sulistiyono mengatakan bahwa pemahaman terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan tanpa pengecualian.
 
“Seluruh masyarakat Indonesia harus paham dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Pancasila. Banyak yang hafal teksnya tapi belum tentu paham dengan isinya, padahal itu yang lebih penting agar bisa dipraktekkan bersama,” ujar Agus.
 
Menurut Agus, salah satu persoalan yang ada di bangsa ini ialah banyak masyarakat yang kurang bisa menjaga persatuan Indonesia, terutama masyarakat yang melek teknologi tetapi menggunakannya untuk menebar kebencian. Dia juga menyampaikan bahwa pemahaman akan isi yang terkandung dalam Pancasila harus dilakukan dalam praktek nyata di kehidupan bermasyarakat. 
 
Pemahaman yang baik akan Pancasila akan membawa kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, selain itu untuk menangkal budaya-budaya luar yang masuk dan bertentangan dengan norma-norma yang ada. “Di era globalisasi ini kita harus menyaring segala sesuatu yang masuk, sehingga kita tidak kehilangan jati diri bangsa Indonesia. Bangsa ini selalu menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan,” ujarnya.
 
Arus globalisasi yang tidak bisa dihindari ini, menurut Agus, pemahaman dan menpraktekkan Pancasila di kehidupan sehari-hari sangatlah penting dan wajib bagi seluruh masyarakat untuk menghadapi arus yang sangat menantang ini. “Yang jelas ini bukan tanggungjawab salah satu pihak saja, namun ini menjadi tanggungjawab seluruh rakyat Indonesia untuk terus mensosialisasikan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” pungkasnya.