Sosialisasi Empat Pilar, Lukman Edy Tekankan Pemahaman Konsep NKRI

Hanif
05/12/2017 - 11:55
Pilarbangsa.id, Kampar - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) Fraksi PKB, Ir, H.M Lukman Edy, M.Si, melaksanakan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu,(25/11/2017). 
 
Sosialisasi yang dihadiri sekira 150 orang tersebut dihadiri oleh masyarakat umum dan anggota organisasi agama dan kepemudaan. 
 
Dalam orasinya, Wakil Ketua Komisi II DPR ini menekankan pentingnya upaya menguatkan pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).
 
"Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak lahir begitu saja, melainkan melalui diskusidan perdebatan panjang, terutama diantara Sukarna dan Hatta," tutur Lukman Edy.
 
Awalnya Hatta menginginkan Indonesia sebagai negara serikat, namun konsep ini ditolak oleh Sukarno yang cenderung pada konsep kesatuan, yang akhirnya menjadi kesepakatan bersama, lanjut Lukman.
 
Konsep ini(NKRI) telah mengalamai ujian dengan adanya pemberontakan-pemberontakan di awal periode kemerdekaan. Namun berkat adanya pemahaman yang kuat terhadap NKRI, pemberontakan-pemberontakan itu dapat digagalkan, lanjut Lukman.
 
"Sekarang ini tantangannya sebenarnya sama, walaupun caranya yang berbeda. Adanya upaya separatisme dan kelompok bersenjata di Papua misalnya, ini adalah contoh upaya untuk memecah NKRI dengan cara menebar teror dan membuat tidak nyaman masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi II DPR ini.
 
"Oleh karena itulah, kita harus merapatkan ikatan dalam melindungi NKRI dari upaya-upaya yang ingin mengganggu keutuhan NKRI, tentu bersama-sama dengan aparat penegak hukum" tegasnya.